Childhood and Introvert

Hi, this is my stories of my life, childhood memories. Di sini, saya cuma mau sharing aja dan sama sekali tidak bermaksud menggurui dan merendahkan suatu pihak. So, kalo ada kesalahan apapun saya minta maaf yaaaa.. Langsung aja.

Sepertinya saya memang terlahir untuk menjadi seseorang yang berbeda, amat sangat berbeda dengan orang lain. Saya yakin, sedikit sekali bahkan jarang ada orang yang mengalami kehidupan seperti saya, terutama masa kecil saya.

Saya adalah seseorang yang terlahir diantara kakak perempuan dan adik perempuan. Sejak dulu saya merasa terjepit dengan setiap keadaan. Apalagi saat saya masih kecil, dimana selisih umur kami bertiga yang tidak terlalu beda jauh. Beda dengan sekarang yang semua sudah mulai tumbuh dewasa dan saling mengerti satu sama lain, dulu sewaktu kecil, kami sering berselisih dan entah setiap keadaan apapun, saya sering kalah dan merasa terjepit. Itulah salah satu alasan kenapa saya tumbuh menjadi seseorang yang kurang percaya diri.

Sewaktu kecil sampai lulus SD, saya menjadi seseorang yang sangat introvert (yang berlebih). I don’t know why. Bahkan sampai SMA sekalipun saya masih merasakan dampak ke-introvert-an itu. Saat SD, saya sama sekali tidak pernah berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik kepada teman-teman saya. Istilahnya, saya seperti orang bisu ketika ada teman-teman. Saya lebih suka menyendiri dan sendiri. Sampai pada akhirnya orang-orang mengira bahwa saya mempunyai kelainan mental. Dan karena saya tinggal di Jawa jadi teman-teman saya setiap berbicara dengan saya atau menyapa saya dengan basa jawa alus (basa krama). Padahal, the real saya tidak bisa bahasa itu secara mendalam. Dan dari situ lah saya merasa dibedakan dan I’m like an abnormal person.

Sejak kecil sampai SD, saya tinggal di desa/kampung yang itu termasuknya pinggiran banget. Jadi bisa dibilang saya ini wong ndeso/anak kampung. Ya silakan definisikan apapun selagi itu masih hak anda (wkwk). Yang jelas, pemikiran saya saat ini biarpun saya anak kampung, cuman gimana aja pikirannya gak kampungan. Mulai kelas 6 SD, saya punya pemikiran bahwa saya harus bisa pergi dari kampung itu dan memulai kehidupan baru dengan semangat baru. Ketika saya di kampung tersebut sudah di cap yang kurang baik (gak normal), jadi saya harus memperbaiki diri. Akhirnya saya sekolah SMP, SMA di kotanya, jadi saya tidak tinggal lagi di desa itu. Kebetulan orangtua saya juga pindah tempat tinggal (eh gak pindah juga sih sebenernya) bersama saya dan menemani kami, anak-anaknya, sekolah di kota.

Dari sejak itulah saya mulai belajar bagaimana saya harus berinteraksi dengan orang-orang baru dan orang-orang yang pemikirannya jauh berbeda dengan orang-orang sebelumnya. Saya menantang diri bahwa saya harus terus berusaha mengurangi sikap introvert di saat yang tepat. Sampai pada waktunya saya masuk kuliah, saya terus meningkatkan interaksi dengan orang-orang.

Dan pada akhirnya, dimana saya menulis artikel ini, saya merasa telah banyak perubahan yang terjadi pada diri saya. Saat ini saya lebih suka di bidang public relations di setiap acara atau organisasi, lebih suka ketika ada kesempatan berbicara di depan orang banyak, dan lebih percaya diri. Dan itu sangat berbanding terbalik dengan saya yang dulu. Hal itu membuktikan bahwa yang namanya kepribadian seseorang itu bisa dirubah, dan saya memilih untuk merubah yang buruk menjadi yang lebih baik.

Jadi, buat siapapun yang pernah merasakan hal yang mirip dengan saya (about over introvert), jangan berkecil hati dulu. Kita semua punya kesempatan yang sama untuk berusaha menjadi lebih bailk dari hari-hari yang lalu. Semua tergantung pada diri kita, kemauan kita, usaha kita, pola pikir kita, dan  bagaimana kita berlatih. Kita harus bisa menempatkan diri kapan kita menjadi introvert dan kapan extrovert, itu yang penting.

Sekian dulu ya cerita saya, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

