Masuk Kuliah

Hallo,
Aku bakal ngebahas sesuatu buat adik adik yang baru mau masuk perguruan tinggi nih.
Buat kalian, jangan lupa doa, minta restu orangtua dan berusaha ya. Aku mau cerita kalo aku sendiri banyak ngalamin kegagalan buat masuk ptn yang aku pengen. But it’s ok. Semuanya pasti ada hikmahnya. Sebelumnya, maaf ya kalo ga berkenan sama kalian soalnya aku nulis ini cuman berdasarkan pengalamanku pribadi.
Kalo menurutku yang namanya masuk ptn favorit itu susah juga. Tapi susah engganya sih sebenernya tergantung tiap orangnya sih. Dan sebenernya favorit engganya juga pasti pendapat kita beda beda sih. Ya gitu deh pokonya. Yang jelas aku sih orangnya bodo jadi favorite ku pasti keliatannya ringan banget buat mereka yang pinter. Asdfghjklqwertyuiopzxcvbnm
Oke, pertama kamu harus bisa tau bakat, potensi, dan passion kamu. Kenali diri sendiri sejak dini itu bisa jadi jalan yang nyaman buat nentuin kedepannya. Kalo bisa dari sd atau smp atau pas masuk sma udah bisa tau gimana diri kamu sebenernya.
Kedua, kalian adik2 yg masih sma kalo bisa nentuin mau ambil kuliah jurusan apa tuh harus dari awal sma biar bisa buat fokus step by step belajarnya (siap2 sbmptn sama seleksi masuk mandiri). Lagian materi pelajaran yang kita pelajarin kan juga dari awal banget tuh. Kalo udah tau ntar bakal ambil kuliah apa kan enak jadinya. Misalnya masih kelas 10 atau 11 gitu udah bisa nentuin.
Ketiga, cari cari info dari keluarga, temen, tetangga, guru, pacar, atau apapum yang udah tau banget soal dunia perkuliaahan. Bagusnya kalo kamu ambil prodi ini ntar yang bagus universitasnya dimana, gitu.
Keempat, kalo kamu udah terlanjur belum siap milih sampe sekarang yang bentar lagi ujian nasional ya menurutku sih banyak latian soal soal sbmptn aja deh. Yakin deh UN tuh ga seberapa dibanding sbmptn. Kalo kamu bisa ngerjain soal soal sbmptn lancar ya insyaAllah ngerjain UN pasti ngerasa gampang. Kecuali kalo kamu emang potensial buat diterima snmptn sih ya terserah.
Kelima, jangan terlalu percaya banget sama yang namanya passing grade. Percaya boleh sih tapi jangan banget banget. Itu gambaran kemampuan orang lain sebenernya, bukan gambaran kemampuan mu. Ya kalo mau percaya sepenuhnya sih sama Tuhan aja. Pilih yang kamu yakin bisa.
Keenam, coba berpikir panjang. Semisal kamu gagal masuk di ‘yang kamu favorit in’ dari awal ya coba konsisten kalo kemampuan dan kesempatan masih memadai. Jangan males buat nyoba tahun berikutnya buat bisa diterima. Tapi kalo emang udah nyaman di tempat yang sekarang yaudah.
Btw itu tadi tips and tricks dari aku. Semoga bermanfaat. Jangan lupa meminta dan bersyukur cuman sama Tuhan. Jangan lupa berpikir panjang (jangka panjang) sebelum bertindak karena semua tindakan pasti ada konsekuensinya. Jangan lupa bicarakan semua sama orangtua karena restu orangtua itu ternyata luar biasa.
Bye bye semoga sukses!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s