Why Agriculture?

Hi guys, pernah gak sih kepikiran sebenernya pertanian itu penting apa gak buat kehidupan kita? Simpel aja sih buat Indonesia sendiri.

Pernah gak denger orang bilang kalo kuliah di jurusan pertanian itu norak dan gak bagus?

Okay, aku mau cerita soal pengalamanku sendiri. Jadi aku pernah ambil study teknik sipil. Di situ aku merasa bukan passion banget. Jujur dari awal emang pengen masuk yang life science. Dan akhirnya karena terlanjur masuk teknik sipil ya gimana lagi. Orangtua ngedukung banget meskipun aku sendiri ngerasa tekpaksa. Tau lah orangtua kalo anaknya di keteknikan pasti pandangannya prospek kerja bagus. But I dont think so.

Setelah ngejalanin dan ngerasa belum dapet apa-apa tapi udah banyak waktu yang terbuang, akhirnya aku meminta orangtua dengan nagis-nangis agar mereka ngijinin aku buat pindah jurusan yang aku suka, sebut aja bidang pertanian. Orangtuaku bener-bener kaget, apalagi kerabat dan saudara orangtuaku ketika beliau cerita sama mereka. Akhirnya aku diijinin buat keluar tapi dengan syarat aku harus tetep ambil kuliahnya di dalam kota dan dapetnya perguruan tinggi negeri. Ya gimana lagi ya sudahlah.

Pada akhirnya, aku bener-bener pindah di pertanian. Banyak orang bilang aku udah gak waras, gak sehat. Dan aku yakin banyak banget orang yang ngomongin aku, itu pasti.

Di sisi lain, ada orang bilang kalo sekolah di pertanian itu norak, buruk, gak prospektif, gajinya dikit, cuman jadi petani aja pake kuliah segala, buang-buang duit, dan segala macem.

Why? Whats wrong?

Bahkan aku sendiri merasa nyaman. Merasa ilmu yang aku dapetin jauh lebih berguna. Masihkah aku juga harus punya pemikiran seperti itu. Sepertinya tidak. Aku tidak malu untuk belajar pertanian. Aku hanya malu ketika aku belajar di tempat yang “WOW” tapi aku tidak bisa apa-apa pada akhirnya.

Memang aku bodoh, aku seperti orang tidak sehat. Tapi kenyataannya aku banyak belajar dari apa yang aku alami. Aku memilih pertanian bukan semata-mata karena passion aja, tapi juga memandang keadaan bumi dimasa datang. Ketika sekian banyak orang ingin menjadi engineer yang bisa membangun gedung tinggi dan megah di atas tanah, lalu akan makan apa nantinya manusia? Akankah manusia memakan semen atau beton? Tidak, tidak mungkin. Pasti semua akan makan makanan kan? Yang sumbernya di tanam di tanah oleh petani. Lalu kalau tidak ada petani di masa datang, akan jadi apa dunia ini? Siapa yang akan mempertahankan lahan untuk kebutuhan pangan?

Itu hanya pendapat saya. Setiap orang punya pendapat yang berbeda-beda dan punya hak untuk menyampaikan pendapatnya bukan? Yah jadi maklum ya hehehe.

Di sisi lain, aku juga mendapat banyak imu dari keteknik sipilan. Aku tau bagaimana pembebanan, bagaimana rancangan, bagaimana desain, tapi yang tidak aku tau adalah bagaimana aku membangun infrastruktur tanpa mengurangi ruang hijau di muka bumi. Jadi ketika aku sudah dapat ilmu dari keduanya, setidaknya suatu saat nanti bisa bermimpi untuk mengkolaborasikan keduanya hehehe, aamiin 🙂

Jadi buat kalian yang di pertanian, pilihanmu tidak salah. Kamu hanya butuh bersyukur karena kehidupan di bumi membutuhkan kita. Merasa rendah boleh, tapi jangan merendahkan orang lain. Karena kita sendiri rendah di hadapan Tuhan. Bercita-cita yang tinggi untuk membangun negeri adalah hal yang haqiqi (wkwkwk). Negeri ini sudah sejak lama dikenal sebagai negara agraris, lalu akankah kita memutusnya dengan cara menurunkan derajat kita sebagai negara agraris? Bahkan perekonomian dari sektor pertanian lah yang tetap stabil ketika terjadi penurunan ekonomi di Indonesia. Jadi masihkan kamu malu untuk belajar pertanian?

Bagus tidaknya sektor pertanian di negara kita tergantung pola pikir generasi muda kita guyssss 🙂

Sekian. Mohon maaf saya tidak bermaksud menyinggung suatu pihak. Tulisan ini pure dari pemikiran saya dan pengalaman saya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

